Kenapa Rasulullah SAW Melarang Mencabut Uban

ubanSetiap Dari Kita Akan Mula Beruban Bila Umur Dah Lanjut  Tetapi Ada Jugak Yang Mula Beruban Walaupun Masih Muda, Kalau Dah Beruban Secara Automatik Di anggap Tua ataupun Kita Berasa Diri lebih  Tua, Dan Tidak Bergaya. Jadi Sudah  Menjadi Kebiasaan  Orang Kita Suka Mencabut Uban di kepala, Tapi Mungkin Jugak Kadang-kadang Kita Terlupa Yang Rasulullah SAW Melarang Umatnya Mencabut Uban!! Kenapa?? 

 

Hadits dari ‘Abdullah bin ‘Umar. Rasulullah SAW  bersabda,

“Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban—walaupun sehelai—dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan darjatnya,”

(HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Muhammad bin Hibban At Tamimi rahimahullah, yang lebih dikenal dengan Ibnu Hibban, dalam kitab Shahihnya menyebutkan pembahasan “Hadits yang menceritakan bahwa Allah akan mencatat kebaikan dan menghapuskan kesalahan serta akan meninggikan darjat seorang muslim Kerana uban yang dia jaga di dunia.”

 

Lalu Ibnu Hibban membawakan hadits berikut. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, 

“Janganlah mencabut uban kerana uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu Darjat,” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Kajian Tentang Uban

di tahun 2012, Ismael Galvan Galvan dari Museo Nacional de Ciencias Naturales, Spanyol melakukan kajian tentang uban. Dari hasil para kajian  itu, ternyata uban merupakan tanda Anda akan memiliki hidup yang panjang dan sihat. Namun berita buruk bagi Anda yang memiliki rambut merah, kerana ini mempunyai potensi yang lebih tinggi untuk mengidap kanser.

Jadi Uban Bukan Saja Tanda Penuaan ,  tetapi uban Menunjukkan Anda Mempunyai Kesihatan yang Baik ,”  Jadi, Kalau Anda sudah berubah? Alhamdulillah..

1,849 total views, 1 views today